Berita  

Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar Pimpin Upacara HUT RI Ke-79, ini Pesan Menag RI

Batusangkar – Pakai baju adat khas Kabupaten. Tanah Datar Sumatera Barat. Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar Prof. Delmus Puneri Salim, M.A M.Res., Ph.D pimpin upacara HUT ke-79 RI di pelataran Kampus II Sabtu. 17/08/24.

Upacara dihadiri suluruh keluarga besar UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Dosen, Tenaga Kependidikan, petugas keamanan, kebersihan, serta Mahasiswa dengan menggunakan pakaian adat nusantara.

Dalam sambutannya, Rektor yang baru saja dikukuhkan pada 9 Agustus 2024 tersebut menyampaikan pesan Menteri Agama terkait peringatan HUT ke-79 RI. Beliau mengawali sambutannya dengan ungkapan syukur atas segala nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa, terutama berkah Kemerdekaan Republik Indonesia.

Menteri Agama RI mengajak masyarakat Indonesia mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan ini. Ia menegaskan bahwa kemerdekaan adalah amanah yang harus dijaga dan dirawat demi kemajuan bangsa, dan ASN harus hadir dengan penghormatan dan komitmen melanjutkan pembangunan.

Menurutnya, peringatan HUT RI yang meriah di seluruh pelosok negeri merupakan simbol penghormatan kepada para pendiri bangsa. Bagi ASN Kementerian Agama, peringatan ini merupakan momentum untuk menjaga harmoni dan memperkuat integritas. Kemerdekaan harus diterapkan dengan memperkuat integritas dan profesionalitas ASN dengan menjadi teladan dalam menjalankan tugas dan memastikan setiap keputusan didasarkan pada nilai-nilai luhur agama dan Pancasila.

Ia juga mengingatkan pentingnya memperluas ruang belajar dan meningkatkan kapasitas ASN agar siap menghadapi berbagai tantangan. Selain itu, ditekankan juga pentingnya kerjasama dan kolaborasi antara semua elemen bangsa, karena tidak ada kemajuan tanpa kerjasama. Untuk itu, ASN Kementerian Agama harus mampu menjalin komunikasi yang baik dan berbagi pengetahuan demi mencapai cita-cita nasional.

Dalam momentum ini, Prof. Delmus menyampaikan, mari kita pertahankan dan lanjutkan berbagai prestasi yang telah kita raih sebelum ini, seperti program studi yang terakreditasi unggul, disamping itu ita berharap dalam waktu dekat proses Akreditasi Perguruan Tinggi, insyaallah juga akan mendapatkan akreditasi unggul.

“Lembaga pendidikan bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, kita harus ingat fungsi kita adalah bagaimana mahasiswa yang kuliah di kampus ini memiliki kemampuan lulusan yang unggul, serta memiliki kemampuan berkarakter siap kerja, siap melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi”. tegas Prof. Delmus.

Mari kita capai berbagai prestasi yang berkontribusi langsung untuk kampus ini dan masyarakat luas, sebagaimana hadis mengatakan “bahwa orang yang terbaik itu adalah orang yang memberikan manfaat bagi orang lain. “tutup rektor.