Dorong Kualitas Perempuan dalam Keluarga dan Organisasi, DWP UIN Mahmud Yunus Batusangkar Dapatkan Pembinaan Dari Penasehat DWP Kemenag RI.

Batusangkar SEMANGATISLAM – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar dapatkan Pembinaan dari Penasehat DWP Kementerian Agama RI secara daring. Kegiatan ini merupakan peningkatan kualitas serta peran dan kontribusi dalam berorganisasi.

Acara ini merupakan kegiatan bersama  anggota DWP dari IAIN Kerinci, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu.

Pembinaan tersebut diisi langsung oleh Penasehat DWP Kemenag RI, Hj. Eny Retno Yaqut didampingi oleh Ketua DWP Kemenag RI, Hj. Hilda Ainissyifa Ramdani dan Wakil Penasehat Kemenag RI, Hj. Tanti Kristiani Dasuki, yang melibatkan seluruh pengurus dan anggota masing-masing DPW dari empat PTKIN.

Pembinaan yang dilaksanakan pada selasa (06/08/24) ini bertujuan untuk menguatkan peran perempuan dalam keluarga serta organisasi, khususnya di lingkungan Kementerian Agama. Ketua DWP Kemenag RI Hj. Hilda Ainisyifa Ramdhani, menekankan pentingnya kualitas perempuan dalam menjalankan peran ganda sebagai pengelola rumah tangga dan sebagai anggota aktif dalam organisasi.

“Perempuan memiliki peran sentral dalam keluarga sebagai pendidik pertama bagi anak-anak dan sebagai pendukung utama bagi suami. Kualitas perempuan dalam keluarga akan mencerminkan kualitas generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Hj. Eny Retno Yaqut sebagai penasehat DWP Kemenag RI menyoroti peran perempuan dalam organisasi. Menurutnya perempuan harus aktif berpartisipasi dan memberikan kontribusi nyata dalam organisasi, termasuk di lingkungan Dharma Wanita Persatuan.

“Keterlibatan perempuan dalam organisasi tidak hanya memberikan dampak positif bagi organisasi itu sendiri, tetapi juga mengembangkan potensi diri dan meningkatkan kapasitas sebagai pemimpin,” tambahnya.

Hj. Eny juga memberikan beberapa tips praktis dalam mengelola waktu dan peran antara keluarga dan organisasi. Ia menekankan pentingnya manajemen waktu yang baik, komunikasi efektif dengan anggota keluarga, serta dukungan dari lingkungan sekitar.

Sementara itu, ketua DWP UIN Mahmud Yunus Batusangkar Ny. Fitri Yenni Marjoni Imamora, mengatakan apresiasi seluruh anggota DWP UIN Mahmud Yunus Batusangkar atas terselenggaranya kegiatan ini.

Selain itu DWP UIN Mahmud Yunus Batusangkar terus melakukan berbagai kegiatan social lainya, seperti berbagi bantuan untuk korban bencana tanah longsor yang terjadi di Tanah Datar, Jum’at Berkah setiap hari Juma’t di Masjid Abdullah Al-Awwal Kampus 2 UIN Mahmud Yunus Batusangkar.

Selain itu pada bulan Ramadhan yang lalu juga melakukan pembagian takjil dan membagikan paket lebaran kepada pegawai Non ASN, seperti tenaga Administrasi, Satuan Keamanan dan Kebersihan. Ini menunjukkan kepedulian DWP UIN Mahmud Yunus Batusangkar terhadap sesama dan lingkungan sekitar, serta kedepannya DWP UIN Mahmud Yunus Batusangkar makin maju dan lebih berkembang. “tutup ketua DWP”.